Pengenalan Visual Basic

Visual Basic merupakan bahasa pemrograman Visual yang digunakan dalam berbagai keperluan mulai dari pemrograman database, jaringan, game, web aplication dan lainnya. Di sini Visual Basic 6 menawarkan kemudahan dalam pembuatan aplikasi dan dapat menggunakan komponen-komponen yang telah disediakan. Untuk memulai Visual Basic 6 anda perlu menginstall Visual Basic 6.0. Program ini biasanya dalam satu paket dengan Visual Studio 6.0.

Langkah awal dari belajar Visual Basic adalah mengenal IDE (Integrated Developement Environment) Visual Basic yang merupakan Lingkungan Pengembangan Terpadu bagi programmer dalam mengembangkan aplikasinya. Dengan menggunakan IDE programmer dapat membuat user interface, melakukan coding, melakukan testing dan debuging serta menkompilasi program menjadi executable. Penguasaan yang baik akan IDE akan sangat membantu programmer dalam mengefektifkan tugas-tugasnya sehingga dapat bekerja dengan efisien

 




















Saat pertama kita menjalankan IDE, akan muncul dialog seperti gambar diatas. Untuk memulai program standar pilih saja Standar EXE kemudian klik Open.Bagian-bagian IDE secara lengkap dapat dilihat pada gambar di bawah ini :














Komponen-Komponen yang penting dalam IDE antara lain sebagai berikut:
  1. Project Explorer memberikan gambaran dari semua modul yang ada dalam aplikasi. Untuk menampilkannya dengan menekan Ctrl + R atau dengan mengklik icon Project Explorer.













  2. Form Designer adalah tempat kita merancang user interface ( antar muka pemakai ). Untuk menampilkan layar ini dapat mengklik pada tombol Design View atau dengan menekan tombol Shift + F7. Sedangkan untuk ke layar coding dapat menekan tombol F7.


























  3. Toolbox Window berisi komponen-komponen yang digunakan nantinya dalam form. Secara default Visual Basic menyediakan komponen standard yang dinamakan dengan intrinsik controls yang dapat dilihat dengan menekan Ctrl + T

    Pointer bukan merupakan suatu kontrol; gunakan icon ini ketika anda ingin memilih kontrol yang sudah berada pada form.
    PictureBox
    adalah kontrol yang digunakan untuk menampilkan image dengan format: BMP, DIB (bitmap), ICO (icon), CUR (cursor), WMF (metafile), EMF (enhanced metafile), GIF, dan JPEG.
    Label
    adalah kontrol yang digunakan untuk menampilkan teks yang tidak dapat diperbaiki oleh pemakai.
    TextBox
    adalah kontrol yang mengandung string yang dapat diperbaiki oleh pemakai, dapat berupa satu baris tunggal, atau banyak baris.
    Frame
    adalah kontrol yang digunakan sebagai kontainer bagi kontrol lainnya.
    CommandButton
    merupakan kontrol hampir ditemukan pada setiap form, dan digunakan untuk membangkitkan event proses tertentu ketika pemakai melakukan klik padanya.
    CheckBox
    digunakan untuk pilihan yang isinya bernilai yes/no, true/false. 
    OptionButton
    sering digunakan lebih dari satu sebagai pilihan terhadap beberapa option yang hanya dapat dipilih satu.
    ListBox
    mengandung sejumlah item, dan user dapat memilih lebih dari satu
    ComboBox
    merupakan konbinasi dari TextBox dan suatu ListBox dimana pemasukkan data dapat dilakukan dengan pengetikkan maupun pemilihan.
    HScrollBar
    dan VScrollBar digunakan untuk membentuk scrollbar berdiri sendiri.
    Timer
    digunakan untuk proses background yang diaktifkan berdasarkan interval waktu tertentu. Merupakan kontrol non-visual.
    DriveListBox
    , DirListBox, dan FileListBox sering digunakan untuk membentuk dialog box yang berkaitan dengan file.
    Shape
    dan Line digunakan untuk menampilkan bentuk seperti garis, persegi, bulatan, oval.
    Image
    berfungsi menyerupai image box, tetapi tidak dapat digunakan sebagai kontainer bagi kontrol lainnya. Sesuatu yang perlu diketahui bahwa kontrol image menggunakan resource yang lebih kecil dibandingkan dengan PictureBox
    Data
    digunakan untuk  data binding
    OLE
    dapat digunakan sebagai tempat bagi program eksternal seperti Microsoft Excel, Word, dll.

  4. Property Window berisi properti-properti yang dimiliki oleh sebuah object (komponen)













  5. Form Layout digunakan untuk untuk menentukan letak form terhadap layar saat dijalankan.












0 komentar:

Posting Komentar